Dalam
bahasa Pascal terdapat beberapa jenis tipe data yang bisa digunakan untuk
sebuah
variabel atau konstanta pada
program. Tipe data tersebut antara lain :
1. Tipe Bilangan Bulat
Tipe
bilangan bulat terdiri atas :
·
Shortint
: jangkauan
nilai dari -128 sampai 127
·
Integer :
jangkauan nilai dari -32768 sampai 32767
·
Longint
: jangkauan
nilai dari -2147483648 sampai 2147483647
·
Byte
: jangkauan
nilai dari 0 sampai 255
·
Word :
jangkauan nilai dari 0 sampai 65535
2. Tipe Bilangan Lojik
·
Boolean
: merupakan tipe
data yang berisi nilai dengan kemungkinan hanya berupa False (nilai
salah) dan True (nilai benar).
3. Tipe Bilangan Riil
Tipe riil adalah tipe yang berkaitan dengan segala
jenis bilangan pecahan yang membutuhkan ketelitian dengan adanya nilai di
belakang koma. Tipe bilangan riil terdiri atas :
·
Real : jangkauan nilai dari ± 2,9x10-39 s/d 1,7x1038
·
Single
:
jangkauan nilai dari ± 5,0x10-45 s/d 3,4x1038
·
Double :
jangkauan nilai dari ± 5,0x10-324 s/d 1,7x10308
·
Extended
: jangkauan
nilai dari ± 5,0x10-4951 s/d 1,1x104932
·
Comp
:
jangkauan nilai dari ± 263 s/d 263 -1 (-9,2x1018 s/d 9,2 x1018)
4. Tipe Karakter
·
Char
:
merupakan tipe yang berisi sebuah karakter.
5. Tipe String
·
String
: merupakan
pengembangan dari tipe char. Tipe string dapat berupa sederetan
karakter.
Variabel biasa digunakan di dalam program dengan
tujuan untuk menampung data. Nilai yang terdapat pada variabel sewaktu-waktu
dapat diubah. Jumlah variabel yang dibuat dapat tidak terbatas, namun
masing-masing variabel tersebut harus bersifat unik dan tidak boleh ada nama
4ymbol4eyang sama. Selain 4ymbol4e terdapat konstanta yang juga dapat menampung
data.Hanya saja dalam kostanta nilai yang ada tidak dapat diubah atau bernilai
pasti.Dalam program, variabel disingkat dengan Var, sedangkan konstanta disingkat
dengan Const.
Bentuk Umum :
Const
Pengenal : Tipe Data;
Var
Pengenal : Tipe Data;
...
Pengenal : Tipe Data;
Adapun
aturan-aturan penamaan 4ymbol4e dalam bahasa Pascal adalah sebagai berikut :
1. Tidak boleh mengandung spasi,
4ymbol, atau tanda.
2. Tidak boleh diawali dengan angka.
3. Tidak boleh menggunakan kata
kunci yang sudah terdapat di dalam bahasa Pascal. Contoh :
Var
Nama : String[20];
Umur : Byte;
Kelas : Char;
Salah :
Var
Nama lengkap
: string; 4asal : string;
@email :
string; For : integer;
DOWNLOAD TURBO PASCAL DI SINI
0 Komentar
Penulisan markup di komentar